Sunday 14 February 2010

kecerdasan anak pelbagai

source




http://paeblog-blog4fun.blogspot.com/2008/12/motivasi-belajar.html


Kemampuan belajar atau kecerdasan anak dibagi ke dalam beberapa macam, diantaranya yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetis-jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan natural.


Anak yang memililiki kecerdasan linguistik akan mampu mengarang dengan baik, suka membaca buku, banyak bicara, serta cepat menangkap pelajaran yang disampaikan lewat penuturan.

Anak yang memiliki kecerdasan logis matematis akan menyukai pelajaran berhitung, cepat memahami pelajaran IPA dan matematika, serta suka bereksperimen terhadap hal yang ingin ia ketahui.

Anak dengan kecerdasan spasial akan mampu menggambar dengan baik, sehingga ia sangat cocok untuk menjadi pelukis dan arsitek.

Anak yang cerdas dalam hal kinestetis-jasmani akan memiliki kemampuan yang bagus dalam memanfaatkan tubuh serta anggota badannya, sehingga cocok untuk menjadi olahragawan.

Anak dengan kecerdasan musikal akan peka terhadap beragam suara, irama, dan nada serta cepat merespon berbagai jenis musik yang ia dengar.

Anak dengan kecerdasan intrapersonal memiliki keahlian dalam memahami suasana hati orang lain, sehingga ia akan disukai oleh teman-temannya.

Anak dengan kecerdasan interpersonal akan mampu memahami keadaan dirinya dengan baik, sehingga ia akan mengerti dan memahami kelebihan dan kekurangan dirinya.

Anak dengan kecerdasan natural sangat mencintai alam, sehingga ia sangat cocok menjadi aktivis lingkungan.


Dengan adanya berbagai macam kecerdasan tersebut, maka kemampuan antara satu anak dengan anak yang lain juga tidak dapat disamakan.

No comments: