Monday 28 March 2011

usrah helwa cakap pasal eeman from a book

ada cakap pasal langit and bumi ibarat cincin di padang pasir


so this site ade sipi sipi sebut


http://archive.kaskus.us/thread/2354522




===


Saya baca buku tentang Tauhid (mengesakan Allah dalam beribadah),
di buku itu disebutkan sifat-sifat Allah, ternyata sangat berbeda dari apa yang saya pelajari dari madrasah waktu kecil (bahkan belum pernah saya denger gan)

Di buku itu disebutkan sebuah hadits yang maknanya kurang lebih, "Allah mempunyai kursi dan Arsy (Arsy terjemah bebasnya singgasana kali gan), bumi jika dilemparkan di atas Kursi Allah seperti cincin dengan padang pasir yang sangat luas". Dibuku ini dinukil penjelasan para Ulama bahwa Allah meletakkan kaki-Nya di kursi, dan kursi berada di atas Arsy. (waduh gan, jangan dibayangin kaki-Nya sama dengan kaki kita ya.... yang jelas pasti beda dengan kaki makhluk manapun, dan yang agan2 semua bayangin pasti salah)

Pada hari kiamat nanti, saat seluruh manusia dikumpulkan untuk dihitung amalnya, Allah datang diiringi para malaikat di atas Arsy. Arsy dipikul oleh delapan Malaikat yang menurut riwayat yang saya baca, jarak antara ujung telinga bagian bawah dengan pundak malaikat adalah 70 tahun perjalanan (mungkin untuk menunjukkan bahwa Malaikatnya sangat besar, ternyata ada di Alqur'an surat Al Haaqqah ayat berapa gitu yang artinya kurang lebih, "Dan apabila Sangkakala ditiup dengan sekali tiupan, Dan bumi (tanah) dan gunung2 diangkat kemudian dibenturkan dengan sekali benturan, maka padahari itulah terjadinya kiamat, langit pun terbelah dan langit pun pada hari itu menjadi lemah. Dan Malaikat berjumlah delapan berada di atas penjurunya(penjuru langit) dan membawa Arsy Rabb Kalian, pada hari itu akan ditampakkan seluruh amalan kalian dan tidak akan samar sedikitpun dari kalian).

langsung saya search di gugle gan, pengin tau proporsi Kursi dan Arsy berdasarkan buku di atas, jadi kurang lebih begini:

jari-jari bumi 6.400km, maka luas lingkaran yang dibentuk dari jari-jari bumi adalah phi x 6.400.000m x 6.400.000m atau setara dengan 1,29E14 meter persegi (saya hitung lingkaran yang dibentuk oleh jari2 bumi aja, ribet kalau ngitung luas permukaan, namanya juga itung2an kasareace. Bintang terbesar yang diketahui saat ini adalah Betelgeuse (alpha orionis) yang memiliki jari-jari 980.000.000.000m. Luas lingkaran yang dibentuk dari jari-jari Betelgeuse adalah 3,02E24 meter persegi. jadi perbandingan lingkaran Betelgeuse dengan lingkaran bumi adalah 3,02E24 : 1,29E14 = +/- 23,447,265,625.

luas guruh Sahara 9.065.000.000 meter persegi. misalkan jari jari cincin 2cm, maka luas lingkaran cincin adalah 0.001257143 meter persegi. luas gurun sahara dibandingkan dengan luas lingkaran cincin adalah 7,210,795,454,545 atau sekitar 300 kali lipat dari luas Betelgeuse : luas Bumi. (CMIIW ya, ngitung ginian ribet banget, kalau salah mohon dikoreksi)

Jadi kalau kita asumsikan padang pasir yang sangat luas adalah gurun sahara (di Alqur'an ada ayat yang menyebut kata Sahirah gan, "Sesungguhnya, dibangkitkannya manusia adalah secara serentak, maka tiba2 mereka sudah berada di 'Sahirah' (padang yang sangat luas)", mungkin nama Sahara di ambil dari kata ini), Luas Kursi Allah adalah 300 kali luas lingkaran yang kita bentuk dengan jari2 bintang Betelgeuse.

Dengan kata lain Allah adalah "Zat" yang Maha besar, yang Bintang terbesar yang diketahui di jagat raya saat ini masih belum lebih besar dari kursi-Nya (kurang lebih sepertigaratusnya).

Seingat saya waktu di Madrasa dulu, tidak pernah ada pembahasan seperti ini, sehingga orang2 mengira bahwa Allah ada di mana2, atau ada di hati kita.

jadi kesimpulannya, makhluk yang paling besar adalah Arsy, di atasnya ada kursi Allah, dan di sekeliling Arsy ada malaikat yang jumlahnya sangat banyak. setiap hari ada 70.000 malaikat yang shalat di baitul Ma'mur dan tidak pernah kembali lagi sampai hari kiamat. jadi jumlahnya ya 70.000 x jumlah hari dari awal penciptaan dunia sampai kiamat plus malaikat lain2 yang telah kita ketahui dan yang belum diketahui, pokoknya banyak deh gan.


Jadi gitu gan, mudah2an menambah wawasan kita.

Oiya gan, ada lagi, ternyata api neraka berwarna hitam, Rasulullah pernah bersabda, "Apakah kalian menyangka bahwa api neraka merah seperti api kalian ini, bahkan api neraka lebih hitam dari pada teer (teer = minyak mentah kali ya, aspal mungkin)". Api kalau udah sampai derajat yang paling panas, warnyanya hitam kali ya, nggak biru, hijau, atau putih.

Jangan dibata apalagi diban ya Mod.... nggak bermaksud sara kok, kan nggak menghina agama manapun.......


-


keterangan di Al Qur'an maupun hadits jelas kok, bahkan setahu saya, hal seperti ini jarang dibahas di kalangan para shahabat, mungkin karena saking terkenalnya hal tersebut.

Saya pernah baca sebuah kisah tentang Fachruddin Ar Razi, seorang ahli filsafat.
suatu ketika, Fachruddin Ar Razi berjalan bersama murid-muridnya dalam sebuah rombongan yang sangat besar. sampai akhirnya, mereka melewati seorang wanita tua yang sedang duduk2 di halaman rumahnya.

Wanita tua bertanya kepada salah seorang dalam rombongan itu.
"Siapakah orang ini sehingga dia diikuti begitu banyak orang, apakah dia seorang raja?"

dijawab, "bukan"

dia bertanya lagi, "apakah seorang gubernur?"

katanya, "bukan, tidakkah engkau tahu, semoga Allah merahmati kamu.... dia adalah seorang yang punya seribu argumen bahwa Allah benar-benar ada"

Maka Wanita tua ini berkata, " Uffin lahu (celaka sekali dia), apakah pada Allah masih ada keraguan? (sehingga harus dicarikan seribu argumen)"


Allah juga berfirman, "Apakah kalian merasa aman (kalau kalian kufur), yang di langit (Allah) akan menghempaskan bumi kepada kalian, secara tiba2, bumi itu luluh lantak?"

Rasulullah pernah bersabda, "Tidakkah kalian percaya kepada saya, padahal saya adalah kepercayaan yang berada di atas langit (Allah)? sungguh, telah turun kepada saya wahyu pagi dan petang."

Bahkan nabi Musa alaihissalam mengajarkan kepada kaumnya bahwasannya Allah ada di langit, sehingga Fir'aun berkata kepada Haman, perdana menterinya, "Wahai Haman, bangunlah untukku Gedung yang tinggi, agar saya bisa menjangkau pintu-pintu langit, sehingga saya bisa melihat Tuhan Musa, sesungguhnya saya menduga dia berdusta" (Al Ayat)
seandainya Allah adalah zat positif di sekitar kita, niscaya Fir'aun tidak akan berpikir untuk menjangkau langit untuk melihat Allah.

juga ayat yang susah saya sebutkan di trit bahwa pada hari kiamat langit akan terbelah, malaikat berjumlah delapan akan berada di atas penjurunya, memikul Arsy.



--



saya juga yakin bahwa Allah tidak serupa dengan makhluknya. Tapi mengimani tentang sifat2 Allah yang diterangkan dalam Al Qur'an dan Sunnah yang shahih adalah wajib,
misalnya bahwa Allah ada di atas Arsy, Allah memiliki tangan, Allah turun pada sepertiga malam terakhir, dsb sebagaimana diterangkan dalam Al Qur'an. dan tentu saja kita hanya mengimani sebagaimana di firmankan, tanpa memikirkan atau mencoba mencari2 tau seperti apa tanganNya, atau bagaimana cara turunnya, dsb, yang jelas yang pasti tanganNya tidak sama dengan tangan makhluk, sesuai dengan keagungan dan kemuliaanNya.

adapun angka2 itu diambil berdasarkan hadits Nabi hanya untuk mendekatkan pemahaman dan perbandingan saja, bukan nilai mutlak. Sama juga dengan penggambaran bahwa di Surga nanti ada sungai yang mengalir susu, madu, khamr yang lezat, tentu penggambaran tersebut hanya untuk mendekatkan pemahaman bahwa surga adalah tempat yang sangat indah. Susu dan madu yang ada di surga tentu jauh lebih baik daripada yang ada di dunia. Kita juga wajib mengimani bahwa di surga nanti ada sungai yang mengalir susu dan madu karena Allah mengatakan demikian.

dan tentu, Surga lebih indah dari apa yang dapat kita bayangkan, sebagaimana salah seorang Ulama berkata, "apapun yang engkau bayangkan tentang wujud (rupa, bentuk, kaifiyyah, pembagaimanaan) Allah, ketahuilah bahwa semua yang engkau bayangkan adalah salah". tidak ada sesuatu pun yang semisal dengan-Nya, dan Dia Maha mendengar lagi maha melihat.




Wallahu A'lam

Wallahu A'lam


==


http://archive.kaskus.us/thread/2354522



==

Ada satu perumpaan yang saya dengar dalam satu tazkirah,

Alam Dunia ini terdiri dari 7 lapis langit.

Apa yang kita semua lihat dalam video tu hanyalah lapisan pertama.

Perbandingan lapisan 1 dan lapisan 2 adalah sumpama sebentuk cincin di padang pasir yang luas. Begitu juga perbandingan antara lapisan 2 dan 3, lapisan 2 tu ibarat sebentuk cincin di padang pasir yang luas...begitulah seterusnya sehingga langit ke 7.

Wallahualam.


====


Size Of The Universe



http://www.youtube.com/watch?v=b0lxbzgwW7I&feature=related






Journey to the Edge of the Universe


http://www.youtube.com/watch?v=Zr7wNQw12l8&feature=related






Star Size Comparison HD


http://www.youtube.com/watch?v=Dv6OtEnIAQk


No comments: