Tuesday 5 July 2011

keistimewaan bulan Sya'ban: dari emel

thanks friend




Berikut beberapa keistimewaan bulan Sya'ban:

1. Di bulan inilah terjadi perpindahan kiblat, dari Ka'bah ke Masjid Al-Aqsha. Sebenarnya perpindahan kiblat ini merupakan ujian bagi orang Islam dan bagi orang bukan Islam saat itu, apakah mereka benar-benar mengikuti perintah Allah SWT atau tidak. Saat itu, Ka'bah dijadikan tempat yang istimewa bagi umat Islam dan bagi bukan umat Islam. Ka'bah, selain dijadikan kiblat bagi orang muslim, dijadikan pula rumah bagi berhala-berhala bagi orang non-muslim. Jadi, banyak sekali umat saat itu yang enggan memalingkan mukanya ke Masjid Al-Aqsha karena tidak ingin meninggalkan Ka'bah. Ini ujian buat mereka.

2. Di bulan inilah, Allah SWT tunjukkan kekuasaan-Nya dengan membelah bulan menjadi dua. Memang saat itu, orang-orang meminta diadakan bukti akan kebenaran Allah SWT, namun begitu bukti itu ada, mereka berpaling.

3. Di bulan inilah, amalan manusia dilaporkan kepada Allah SWT. Oleh karenanya, banyak-lah beribadah dan berbuat baik agar ketika amalan kita dilaporkan kepada Allah SWT, kondisi kita sedang berada dalam kondisi terbaik.

Note:
- Khotib juga menambahkan agar kita senantiasa bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dapat memberikan banyak manfaat, di dunia dan akhirat.
- Kemauan seseorang untuk dekat dengan agama dan mau mengikuti perintah agama, berasal dari kedekatan HATI-nya. Kalau hati sudah terpaut, maka perintah Allah SWT dan tuntunan Nabi Muhammad SAW dapat lebih mudah diresapi, dipikirkan, dan dilaksanakan. Inilah yang dinamakan 'unconditional submission'.

Wallahu A'lam.


Wassalamu'alaikum wr wb.,
Mira Ariyani

No comments: